Senin, 15 Desember 2014

Kreasi Isu Esek-Esek, Menjanjikan


SergapNTT.com per 14 Desember 2014, memuat berita yang cukup heboh, terutama bagi para orangtua asal Flores yang anak gadisnya sedang study di Malang.

Bagi saya agak "aneh" jika, Enos [nickname], penulis portal berita Sergap.com, menjadikan baliemcenter. blogspot.com sebagai sumber. 

Pertama, bahwa baliemcenter.blogspot.com adalah blog yang memang berisi video, foto, dan cerita mesum sebagai muatannya. Itu blog "dewasa". Sehingga objektivitas dan kualitasnya "SANGAT DIRAGUKAN". 

baliemcenter.blogspot.com menulisnya dengan judul "Foto Skandal Mahasiswi Asal NTT (Flores) Di Malang". Seperti layaknya sebuah media mesum, maka isinya tidak memuat indikator-indikator yang dapat dijadikan sebagai sumber berita yang kredibel. Tidak ada nara sumber di sana. Blog ini hanya berceloteh:
"Beginilah Cewek atau Wanita Zaman Sekarang tidak kenal cinta tak perduli entah artis, anak pejabar, anak POLISI / TNI, kaya atau miskin, SMA, SMP, SMK, Madrasah, Kuliah dan PNS / Karyawati sekalipun tidak pandang buluh. Yang Penting bagi mereka adalah atas dasar suka sama suka langsung BARBIRBOR ..." 
Saya "menduga", Enos, tergelitik dengan beberapa variabel kunci [diksi] pada judul postingan itu. Mahasiswi dan Asal (Flores). Bagi saya, meskipun pada judul itu tertulis asalnya Adonara atau Kelurahan Balela [misalnya], tentu tak dapat begitu saja dipercayai. Apalagi hal itu termuat pada blog mesum. 

Siapapun bisa dengan sangat gampang membuat blog dan memasukan gambar adegan mesum, lalu menulis judul 'mentereng': "Adegan Mesum Mahasiswi Asal Larantuka, Flores". Gambarnya bisa saja diambil dari URL-URL mesum yang memang sangat banyak bertebaran di internet.

Dugaan saya kedua, untuk mendukung "etika" tulisannya, Enos memasukan seorang nara sumber bernama Heri [entah bermarga apa, status?] warga NTT yang dikutip dari account fbnya. Memasukan comentar dari fb ini, bagi saya juga sebagai tindakan "pencucian". Tentu tidak dapat dijadikan sebagai nara sumber. Mungkin ya, jika dijadikan sebagai bagian dari tanggapan warga NTT atas beredarnya foto-foto pada blog itu yang menyeret nama mahasiswi asal Flores.

Mengapa tidak, Heri juga tentu terpengaruh gambar-gambar yang dimuat blog itu, yang kebenarannya masih sangat jauh untuk dipertanggungjawabkan. Pengunjung baliemcenter.blogspot.com siapapun dia, tidak dapat mengambil kebenaran asal-muasal pria dan wanita dalam foto-foto itu. Mengapa hanya ditulis Mahasiswi? Bukan Mahasiswi dan Mahasiswa Asal NTT (Flores) atau Mahasiswa Asal NTT (Flores) saja?

Memang pada blog itu terdapat 10 foto. Ada sejumlah 6 foto yang sungguh sangat vulgar karena memuat agedan super intim. Tapi saya kira, orangpun bisa saja menilai itu adegan yang tidak jelas para pelakunya. Tidak ada gambar wajah. Bisa jadi siapapun dia. Atau diambil dari gambar lain. Bukan kedua orang dimaksud.

Bagian akhir dari postingan blog itu memuat celoteh seperti ini: 
"Atas dasar  hukum suka sama suka MAU APA ??? !!!! Maaf ini bukan masalah Bukan UUD 1945 ! !!
Jadi Pak RT/RW, Pak Lurah, Warga Tetangga, Polisi, TNI atau SIAPA SAJA gak usa repot-repot urusin urusan orang lain. Dunia ini bebas, tidak ada yang larang ! Itu HAK ASASI MANUSIA, Emang kamu mau ikut menanggung dosa mereka ? Biarkan aja anak merantauan, mahasiswa, pendatang atau orang asli lokal sekalipun bebas berkreasi, tidak usa irih, dengkih, bingung/ pikiran negatif dsb. ANDA MENGERTI ? Ituk Karya atau Kreasi pribadi seseorang!"
Bagi saya, sungguh sangat takabur dan super tergesa-gesa jika menjadikan blog mesum dengan tulisan seperti di atas, sebagai sebuah berita pada portal berita yang punya kredibilitas, tanpa melakukan investigasi lebih lanjut. Mungkin ya, jika portal berita ini hanya mengejar pengunjung dengan memuat isu dan berita-berita bombastis semata.

Maka adalah sangat awas dan bijak jika para pembaca terlebih dahulu menelusuri url asal, berita  sergapNTT.com itu. Tentu dengan membandingkannya. Orang bijak selalu minum Tuak. Hahahaha******
Share this article now on :

+ komentar + 1 comment

19 Desember 2014 pukul 22.17

WTF!!! Bikin malu orang NTT saja....

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Kreasi Isu Esek-Esek, Menjanjikan

Posting Komentar